Senin, 10 Desember 2012

'Gatot-Tengku Erry' Dipijak-pijak

TANJUNG MORAWA|INI MEDAN
Tak ada rotan akar pun Jadi. Tak ketemu Gatot, balihonya 'dibalbali'. Inilah yang dilakukan ribuan buruh Deliserdang yang kemarin sempat memblokir Jalinsum dan pintu masuk Tol Belmera di Tanjung Morawa.
Sebelum menuju ke titik pusat aksi di Kantor Gubsu, buruh yang tergabung dalam Pekerja Buruh Melawan (PBM) menggelar orasi di Jalinsum Tanjung Morawa, tepatnya di depan Lapangan Garuda. Aksi dimulai sejak pagi sekira pukul 06.30 Wib. Aksi itu membuat Jalinsum dan Tol Belmera macet hingga beberapa jam.
Dalam orasinya, buruh mengaku kesal dan kecewa dengan Plt Gubsu Gatot Pudjonugroho yang meneken UMP 2013 Rp1.375.000, jauh dari angka yang dituntut buruh Rp2,2 juta. Entah siapa yang memulai, massa kemudian merusak baliho pasangan cagubsu Gatot-Tengku Erry yang berada di sekitar lokasi.
Baliho yang berdiri kokoh ditumbangkan. Para buruh kemudian berebut merobek-robek baliho tersebut. Tak sampai di situ, gambar Gatot dan pasangannya pun kemudian dipijak-pijak. "Kami puas telah memijak-mijak Gatot, karena keputusannnya telah memijak-mijak hak buruh," ujar seorang buruh.
Aksi ini tidak berlangsung lama karena Kapolres Deliserdang AKBP Wawan Munawar melarang aksi itu. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 11.00. Usai melampiaskan kekesalan tersebut, buruh kembali ke Jalinsum.
Pantauan INI MEDAN, sekitar pukul 11.40, dengan mengendarai sepedamotor dan bahkan ada yang berjalan kaki, ribuan buruh bergerak dari Lapangan Garuda menuju pintu Tol Tanjung Morawa. Aksi nekat buruh ini pun membuat pihak kepolisian kewalahan mengatur lalu lintas. Buruh berhasil memblokir Tol Tanjung Morawa. Kemacetan pun semakin parah.
Situasi lalulintas baru normal sekitar pukul 16.00, saat buruh beristirahat. Para buruh bertekat akan melakukan aksi besar-besaran ini hingga satu minggu kedepan. “Mari kita perjuangkan nasib buruh melalui upah kita sebagai jawaban kongkrit ke pemerintah dan pengusaha dengan sikap dan prinsip upah murah itu,” teriak buruh. (yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar